Videotron Adalah Sarana Promosi Yang Handal (Ini 7 Alasan Utamanya)

Videotron adalah penyelamat bagi banyak orang saat terjebak di perempatan lalu lintas pada jam paling ramainya. Panas, keringat, bau, bising, debu, asap, dan rasa bosan hanyalah sedikit dari banyak alasan yang bisa merusak mood. Untungnya ada selingan gratis yang menyenangkan yang bisa sedikit mengalihkan fokus kita dari semua itu: videotron.
 
Meskipun biasanya yang tampil hanyalah iklan-iklan pendek dan berbagai kampanye pesan masyarakat, tetapi itu lebih menghibur dan bermanfaat daripada memperhatikan orang yang lalu lalang di pinggir jalan.
 
Dari sudut pandang dunia marketing, videotron – baik outdoor maupun indoor, adalah tambang emas untuk mempromosikan produk para pengiklan kepada konsumen. Dia bisa dipasang di tempat-tempat strategis mulai dari auditorium, masjid, gereja, perkantoran, tempat wisata, sampai mall, dan bandara internasional untuk menarik perhatian dan meningkatkan pariwisata. Selain itu dia juga lebih interaktif daripada sekedar poster dengan image yang tidak bergerak.
 
Apa itu videotron? Apa keunggulannya? Fitur-fitur apa yang bisa kita manfaatkan? Mari kita coba membahas dan mengenal videotron lebih dekat.

 

Videotron Adalah …

Tak kenal maka tak sayang. Untuk yang belum familiar dengan istilah dan pengertian videotron, kita kenalan dulu yuk.
 

Definisi Videotron Alias LED Display

Dia dikenal juga sebagai LED Display. Videotron adalah teknologi layar digital yang memanfaatkan lampu LED (Light Emitting Diode – Dioda Pemancar Cahaya) untuk tampilan-nya.
 
Dalam bahasa sederhananya LED adalah lampu dalam bentuk benda padat, semikonduktor yang bisa memancarkan cahaya dengan warna yang berbeda-beda tergantung dari tegangan listrik yang diberikan kepadanya. Sifat dasar ini membuat jenis lampu LED cenderung lebih hemat energi, lebih terang, lebih tahan banting, waterproof, dan memiliki umur lebih panjang dibandingkan dengan lampu tradisional yang memanfaatkan logam berpijar dalam tabung kaca berisi gas.

Dua Jenis Videotron

Ada dua jenis (type) pilihan Videotron yang banyak ditemukan di pasaran, yaitu sistem LED DIP (Dual In Line Package) yang umumnya digunakan untuk solusi pemakaian di luar ruangan (outdoor) dan LED SMD (Surface Mounted Device) yang biasanya lebih populer untuk penempatan di dalam ruangan (indoor).
 
 
Videotron adalah - lampu DIP
Apa perbedaannya? DIP menggunakan tiga lampu terpisah dalam satu pixel berwarna merah, biru, dan hijau; sementara SMD hanya menggunakan satu lampu yang bisa menghasilkan tiga warna yang berbeda tergantung besaran tegangan yang diberikan kepadanya. Jadi SMD itu seperti gabungan dari tiga lampu didalam setiap pixel chipsetnya.
 
 
Videotron adalah - lampu SMD
Karena adanya tiga lampu terpisah itulah maka penampakan teknologi DIP memiliki tingkat kecerahan yang lebih tinggi (8000 – 12000 nits) dibandingkan dengan teknologi SMD (600-6000 nits). Untuk memberikan gambaran, peruntukan lampu videotron di area semi outdoor membutuhkan kecerahan 4000-5000 nits supaya titik-titik gambarnya bisa terlihat jelas. Teknologi mana yang akan dipakai dipilih berdasarkan patokan ini.
 
Catatan: nits adalah satuan kecerahan cahaya.
 
Untuk videotron outdoor dibutuhkan tingkat kecerahan lampu yang lebih tinggi karena harus bersaing dengan berbagai sumber pencahayaan lain seperti lampu penerangan jalan, lampu kendaraan, atau bahkan di siang hari saingannya adalah sinar matahari. Jika tidak, warnanya akan terlihat pudar atau bahkan tidak terlihat sama sekali.
 
Selain brightness, kualitas gambar juga ditentukan oleh kerapatan pixel, lebar bezel (jarak dari tepi frame), program dan perangkat pengatur yang digunakan, dan berapa cepat processor-nya. Semakin tinggi kerapatannya, semakin halus gambar yang didapat.
 

Sarana Promosi Yang Handal

Videotron adalah media promosi alternatif yang lebih unggul daripada sekedar poster konvensional. Tidak heran jika belakangan ini penggunaannya semakin menjamur. Berikut adalah tujuh keuntungan dan kelebihan penggunaan videotron untuk iklan komersial dan promosi.
 

1. Variasi Ukuran Videotron Yang Beragam

Ada banyak ukuran videotron yang tersedia sehingga memberi keleluasaan pada para pengguna untuk memilih ukurannya. Pada bagian terakhir dari artikel ini, anda bisa melihat beberapa ukuran videotron yang populer diantara kebanyakan penguna.
 

2. Videotron Bisa Digunakan Indoor maupun Outdoor

Secara fisik, Videotron memiliki ketahanan cuaca yang cukup tinggi. Kita tidak akan melihat videotron outdoor yang rusak sobek-sobek karena terkena air hujan dan tertiup angin. Karena itulah media videotron cocok untuk digunakan di dalam maupun luar ruangan (indoor dan outdoor).
 
Satu hal yang perlu diperhatikan adalah tingkat kecerahannya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penggunaan videotron outdoor mengharuskan brightness yang lebih tinggi daripada videotron indoor. Usahakan nilainya tidak dibawah ketentuan.
 
videotron adalah - videotron indoor

 

3. Videotron Lebih Interaktif Daripada Banner Biasa

Sepertinya sudah jelas sekali bahwa gambar (picture) dan tulisan di banner atau poster biasa yang statis akan kalah interaktif dengan output display media videotron yang terus berubah. Ini seperti membandingkan melihat sebuah foto dengan melihat suatu video. Secara psikologis, gambar bergerak juga akan lebih menarik daripada gambar diam dan menjadi media komunikasi yang lebih baik.
 

4. Videotron Memiliki Berbagai Kemungkinan Pemanfaatan

Karena videotron itu fungsinya adalah seperti layar monitor yang bisa memunculkan media apapun yang dikirimkan kepadanya, maka kemungkinan tujuan pemanfaatannya sangatlah luas.
 
Sebagai contohnya, dia bisa digunakan sebagai layar untuk nonton bareng pertandingan bola di cafe (indoor/outdoor), layar latar panggung untuk event konser musik, fashion show, atau pertunjukan lain (indoor/outdoor), layar yang menempel di dinding (wall) meeting room kantor-kantor dan gedung (indoor) – untuk mendukung rapat pada perusahaan swasta maupun instansi pemerintah, billboard dan baliho advertising di tempat-tempat ramai di pusat kota (outdoor), sekedar menu makanan interaktif di depan sebuah restoran (indoor), juga signage informasi di bank (indoor) atau tempat ibadah (indoor). Batasan pemanfaatannya hanyalah imajinasi dan konsumsi penggunanya.
 

5. Ada Berbagai Kemungkinan Konten Yang Bisa Ditampilkan di Videotron

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, selain pemanfaatannya yang hampir tidak terbatas, jenis media dan konten yang bisa di-upload untuk tayang melalui layar videotron juga bisa dibilang tidak terbatas. Anda bisa menampilkan gambar diam, slideshow, klip-klip video pendek advertising, sampai dengan video panjang, semua bisa kita tayangkan dan disesuaikan untuk mata audience tertarget-nya.
 

6. Satu Spot Videotron Bisa Menampilkan Banyak Materi

Tahukah anda, bahwa setiap spot iklan itu ada harganya lho. Hal ini berlaku untuk semua media advertising, mulai dari majalah, radio, televisi, sampai dengan billboard advertising digital di lokasi umum di kota anda.
 
Pada media promosi tradisional, satu spot hanya bisa diisi oleh satu display. Untuk menampilkan 10 promosi, misalnya, diperlukan 10 spot. Tetapi dengan videotron, satu spot promosi bisa diisi dengan banyak sekali klip dan video yang terus berganti. Cara menambah dan input content-nya pun sangat mudah.
 
Sebagai contoh, bayangkan sebuah toko yang memerlukan 15 banner untuk mempromosikan 15 produk di depan tokonya, misalnya, semua bisa digantikan hanya dengan sebuah videotron. Tidak hanya sang pemilik toko bisa mendapatkan ruang yang lebih luas di depan tokonya, dan pengunjung kini bisa melewati atau masuk ke tokonya tanpa kesulitan terhalang oleh berbagai banner, tetapi sang pemilik juga punya kemampuan untuk menayangkan ratusan materi iklan dan hiburan jika dia mau.
 

7. Videotron Lebih Hemat Biaya Untuk Penggunaan Jangka Panjang

Sekilas, memang perbedaan biaya pemasangan videotron dan beriklan disitu terlihat tidak murah, jauh diatas ongkos printing sebuah poster. Tetapi apakah memang betul seperti itu?
 
Dari perspektif biaya advertising, dengan membagi satu spot untuk banyak materi video, sebetulnya kita melakukan penghematan. Baik itu sepuluh materi video, atau juga seribu, biaya yang kita keluarkan hanyalah biaya di awal saja. Dalam jangka panjang, penggunaan videotron tentu saja lebih ideal dan hemat biaya. Apalagi jika sang pemilik menyewakan spot tersebut.
 

Tips Untuk Memilih Ukuran dan Harga Videotron

Ada berbagai variasi ukuran dan harga product videotron yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget anda. Berikut adalah beberapa tips dan aspek yang harus diperhatikan untuk merencanakan ukuran dan biaya videotron.
 

1. Kebutuhan ukuran videotron

Setidaknya anda sudah harus punya gambaran kasar mengenai berapa besar ukuran videotron yang anda butuhkan. Ini akan tergantung pada banyak faktor, misalnya dimana posisi videotron tersebut – indoor atau outdoor, apa fungsi videotron tersebut, dan lain sebagainya.
 
Secara umum, ukuran panel videotron terpasang yang banyak kita lihat di luaran adalah:
  • videotron ukuran kecil (3×2 meter persegi)
  • videotron ukuran menengah (4×3, 5×3, 6×4 meter persegi)
  • videotron ukuran besar (diatas 24 meter persegi – megatron)
Ukuran yang besar sebetulnya adalah modul-modul kecil yang digabungkan.

2. Ukuran modul dan kabinet videotron yang akan digunakan

Setelah mengetahui kurang lebih ukuran yang anda butuhkan, kita bisa menghitung ukuran yang lebih pasti dengan menghitung kelipatan ukuran modul videotron dan kabinet yang akan kita gunakan untuk meletakkan videotron tersebut.
 
Sementara ukuran modul videotron itu tetap, ukuran kabinet bisa beragam dan bisa di-expand sesuai dengan kebutuhan. Satu kabinet bisa menampung beberapa modul videotron.
 
Videotron adalah - rangka videotron outdoor

3. Kebutuhan Tambahan

Selain modul videotron dan kabinet, kita juga akan membutuhkan receiving card yang jumlahnya bervariasi tergantung dari layout dan resolusi total yang ingin dihasilkan dari satu unit lengkap videotron yang akan kita pasang. Receiving card ini berfungsi sebagai pengelola untuk menangani dan menerjemahkan sinyal data visual dan konten video yang berasal dari CMS di PC, membaginya ke modul-modul yang ada, dan menampilkannya sebagai satu kesatuan media video yang utuh di screen utama.
 
Sebagai sumber informasi utama dan tempat menyimpan software aplikasi player dan pengaturan setting-nya, tentu saja kita perlu PC untuk memudahkan pekerjaan kita. Selain itu ada modul tambahan untuk mengatur power dan menghidupkan unit. Ada juga modul khusus lain diluar itu seperti alat pengukur suhu yang bisa ditambahkan dengan gampang sebagai fitur khusus pada unit videotron.
 
Semua komponen, pengelolaan, pengaturan, dan pengukuran ini, termasuk brand-nya, akan mempengaruhi pertimbangan perhitungan ukuran dan biaya akhir yang akan sangat bervariasi tergantung pada faktor-faktor diatas. Karena setiap project mempunyai kebutuhan yang berbeda, merubah satu faktor akan mengubah perhitungannya. Saran yang terbaik yang bisa kami berikan adalah untuk berkonsultasi dengan ahlinya dibanding menduga-duga sendiri sehingga jawaban yang pasti bisa didapatkan.
 
Untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih jelasnya, anda bisa baca artikel lain di website kami. Atau silahkan hubungi kami untuk bertanya-tanya langsung tentang videotron dengan mengirim email ([email protected]) atau contact nomer WhatsApp kami (+62 822-2315-9929). Kami akan memberikan konsultasi, penjelasan gratis serta menyediakan jasa pemasangan produk LED display untuk semua kota dan daerah di Indonesia dengan harga yang bersaing dan layanan yang memuaskan. Kami adalah nama dan kualitas kerja yang bisa dipercaya dan selalu siap membantu.
Halo, Saya ingin bertanya tentang Layanan LED Display.